Pengertian Pengiriman Barang Melalui Jasa Cargo Murah

Pengiriman Barang Melalu Jasa Cargo Murah

Pada saat ini pengiriman barang memlalui jasa kargo murah sudah menjadi kebutuhan yang mendesak, hal ini dikarenakan apabila jika tidak ada proses kirim mengirim barang antar suatu wilayah, maka akan terjadi sebuah ketimpangan kebutuhan di suatu daerah.

Untuk sebuah negara pun, pengiriman barang menjadi hal yang sangat penting karena pengiriman barang merupakan suatu cara untuk bisa menjual hasil produk dalam negeri ke luar negeri dan yang pasti akan membuat semakin makmur suatu negara.

jasa pengiriman barang kargo murah

Apa sih itu Kargo? Kargo atau bahasa asingnya bisa disebut cargo, yang merupakan salah satu istilah dalam kosa kata transportasi yang mengacu kepada freight yang artinya barang atau sebuah produk yang di transportasikan. Biasanya kargo atau cargo merupakan produk untuk kepentingan komersial, yang diantar melalui transportasi darat, laut, dan udara. Barang yang akan dikirim pun jenisnya beragam, mulai dari kebutuhan sandang, pangan, hingga papan atau barang pelengkap lainnya.

Jenis Tipe Transportasi

 

1. Tranportasi via Laut

Tentunya kalian sudah pada tahu, jika pengiriman via laut biasanya menggunakan kapal laut dan yang menjadi pusat sentral berkumpulnya kapal-kapal adalah pelabuhan. Namun ternyata banyak sekali jenis pengiriman barang yang ada pada transportasi laut, diantaranya adalah :

a. Break Bulk Cargo

Break bulk cargo merupakan kargo yang terdiri dari material tertentu yang ditumpuk dalam alas pallet, kemudian dipindakan dengan cara menggunakan kendaraan yang biasa disebut cranes. Cranes sendiri bisa berada dalam kapal dan diluar kapal.

b. Bulk Cargo

Bulk cargo biasanya adalah kargo yang tidak dapat dimasukan ke dalam kontainer atau tidak bisa diberikan pallet. Bulk cargo sendiri sangat berbeda dengan cargo lainnya karena tidak ditangani secara satuan, contohnya adalah kayu log, alumina, dan gypsum.

c. Neo Bulk Cargo

Neo Bulk Cargo sangat berbeda dengan bulk cargo yang perhitungannya tidak secara satuan, neo bulk cargo mengacu pada satuan unit yang dihitung saat barang tersebut akan dimuat ataupun dibongkar. Hal yang bisa dikatakan memilik kesamaan adalah neo bulk cargo juga merupakan barang yang tidak dapat dimasukan kedalam kontainer.

d. Containers

Containers atau dalam bahasa inggris sering disebut container adalah merupakan jenis kargo yang paling sangat disarankan untuk digunakan dalam pengiriman barang murah di seluruh dunia. Kargo yang diangkut biasanya bermacam-macam jenisnya, mulai dari bahan makanan seperti frozen food, dan hasil laut, komponen industri seperti mesin dan auto parts, hingga pakaian.

e. Project Cargo

Nah yang satu ini merupakan kargo yang berisikan angkutan barang yang besar dan berat untuk dimasukan ke dalam kontainer, seperti AC yang berukuran besar, komponen pabrik, generator, perlatan perang, dan alat pekerjaan berat.

2. Transportasi Udara

Pengiriman via udara sendiri biasanya dilakukan lewat pesawat komersil, atau orang biasa menyebut dengan kargo udara, atau air freight. Kargo udara sendiri adalah mengirimkan barang yang sudah dikumpulkan oleh perusahaan pengiriman murah yang kemudia dikirim melalui pesawat.

3. Transportasi Darat

Pengiriman via darat ini sangat banyak jenisnya, mulai dari kereta api hingga truck, akan tetapi yang kita ketahui pengiriman via darat akan memakan waktu lebih lama dibanding dengan dua model jenis tranportasi lain, hal ini dikarenakan memiliki hambatan yang lebih banyak.

Yang pasti dari ketiga jenis transportasi yang sudah dibahas memiliki kelebihan dan kelemahan tersendiri, maka dari itu disarankan untuk memilih yang sesuai dengan kebutuhan dan teleti dalam hal mengirim barang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *